Analisis Substansi Pengaduan Masyarakat dan Popularitas Kelembagaan Pengawasan Eksternal Pelayanan Publik di Daerah

Penulis

  • Andi Setyo Pambudi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32630/sukowati.v8i1.477

Kata Kunci:

Intelligence Media Analytic, media, ombudsman, pelayanan publik

Abstrak

Analisis big data dinilai sebagai solusi cerdas dalam memotret informasi skala prioritas perencanaan pengawasan pelayanan publik, baik dari sisi substansi, kewilayahan dan bahkan kelembagaan. Hal ini bisa diperoleh dari isu-isu strategis pelayanan publik yang banyak mendapat atensi masyarakat dan media dalam lingkup big data. Tulisan ini bertujuan menampilkan potret isu substansi pelayanan publik dan kelembagaan Ombudsman di daerah sebagai pertimbangan penentuan kebijakan pengawasan eksternal pelayanan publik di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengoptimalkan aplikasi Intelligence Media Analytic.  Tulisan ini juga menilai tingkat popularitas Ombudsman di perwakilan. Hasil analisis menemukan 3 instansi yang mendapatkan pengaduan pelayanan publik tertinggi dari sisi media yaitu Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan. Pengaduan tertinggi adalah terkait urusan Bantuan Sosial (Bansos) yang dapat dijadikan referensi prioritas pengawasan Ombudsman. Selain itu, secara umum tingkat popularitas Ombudsman di daerah masih rendah. Tulisan ini merekomendasikan sosialisasi, penguatan regulasi, serta fokus penagawasan pada sektor sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Pambudi, A. S. (2024). Analisis Substansi Pengaduan Masyarakat dan Popularitas Kelembagaan Pengawasan Eksternal Pelayanan Publik di Daerah. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 8(1), 148–164. https://doi.org/10.32630/sukowati.v8i1.477