Menuju Kemajuan Ekonomi: Rancang Bangun Sentra Kuliner sebagai Strategi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Sragen

Penulis

  • Muzakar Isa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aflit Nuryulia Praswati
  • Helmia Khalifah Sina
  • Agus Wahyudi
  • Agus Suwondo
  • Wawan Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.32630/sukowati.v8i1.461

Kata Kunci:

Sentra Kuliner, Sektor Unggulan, Produk Unggulan Daerah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis sektor unggulan daerah dan produk unggulan daerah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta merumuskan strategi pengembangan sentra kuliner Brigjen Veteran Katamso Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dengan menggunakan data primer dan sekunder, serta menggunakan 3 alat analisis yaitu analisis Shift share, analisis Location Quotient dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Sragen memiliki enam sector unggulan, yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, dan sektor jasa pendidikan. Pada sector unggulan tersebut, Kabupaten Sragen memiliki 16 produk unggulan, yaitu mebel, batik, alat rumah tangga, konveksi, kerajinan kain perca, makanan olahan, anyaman tas, sarung goyor, kerajinan bambu, sangkar burung, kerajinan batu, padi organik, batu bata, jamu, seni pertunjukan, ikan nila merah, patin dan lele, serta madu. Sentra Kuliner merupakan bagian dari pengembangan sektor penyediaan akomodasi dan makan minum. Sector ini merupakan sector unggulan daerah yang memiliki pertumbuhan sectoral dan distribusi yang besar terhadap PDRB Kabupaten Sragen. Sentra Kuliner Veteran Brigjen Katamso berada pada lokasi yang strategis, dan memiliki sarana-prasana yang lengkap sehingga berpotensi menjadi pusat kuliner yang ramai. Dalam penataan dan menjaga keberlanjutan sentra kuliner direkomendasikan untuk menyediakan produk yang berkualitas dengan harga bersaing, penataan lokasi dan penyediaan sarana penunjang, kemitraan untuk penyelenggaraan event terkait di lokasi tersebut, pemasaran digital yang menarik dan disebarkan secara rutin dan berkala, dan penguatan kelembagaan pedagang dalam berjualan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Isa, M., Praswati, A. N., Sina, H. K., Wahyudi, A., Suwondo, A., & Kurniawan, W. (2024). Menuju Kemajuan Ekonomi: Rancang Bangun Sentra Kuliner sebagai Strategi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Sragen. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 8(1), 114–126. https://doi.org/10.32630/sukowati.v8i1.461