DETERMINAN STATUS PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PROVINSI BANTEN TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.32630/sukowati.v9i1.508Kata Kunci:
anak usia dini, pendidikan, regresi logistik binerAbstrak
Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting dalam proses pendidikan karena mampu mendorong stimulasi perkembangan fisik dan psikis anak serta menjadi peletak dasar pengembangan pribadi anak. Provinsi Banten merupakan provinsi dengan Angka Partisipasi Kasar PAUD terendah di Pulau Jawa yaitu sebesar 27,72 persen. Padahal, Provinsi Banten memiliki ketersediaan infrastruktur PAUD serta kondisi latar belakang ekonomi dan pendidikan masyarakat yang baik yang seharusnya mampu mendukung peningkatan partisipasi PAUD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum partisipasi PAUD di Provinsi Banten serta mengidentifikasi dan menganalisis kecenderungan variabel-variabel yang memengaruhi status partisipasi PAUD. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner menggunakan data Susenas Maret 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase partisipasi PAUD di Provinsi Banten adalah sebesar 15,02 persen. Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap status partisipasi PAUD di Provinsi Banten terdiri atas status kemiskinan rumah tangga, status bekerja ibu, klasifikasi wilayah tempat tinggal, status perkawinan ibu, dan jumlah ART. Anak usia dini yang berasal dari rumah tangga tidak miskin; memiliki ibu bekerja; bertempat tinggal di wilayah perkotaan; memiliki ibu dengan status perkawinan cerai; dan berasal dari rumah tangga dengan jumlah ART <= 4 orang dan 5-7 orang memiliki kecendrengungan yang lebih besar untuk berpartisipasi dalam PAUD.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arneta Salsabila Hindriasta, Budyanra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.