DETERMINAN STATUS PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PROVINSI BANTEN TAHUN 2023

Penulis

  • Arneta Salsabila Hindriasta Politeknik Statistika STIS
  • Budyanra Politeknik Statistika STIS

DOI:

https://doi.org/10.32630/sukowati.v9i1.508

Kata Kunci:

anak usia dini, pendidikan, regresi logistik biner

Abstrak

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting dalam proses pendidikan karena mampu mendorong stimulasi perkembangan fisik dan psikis anak serta menjadi peletak dasar pengembangan pribadi anak. Provinsi Banten merupakan provinsi dengan Angka Partisipasi Kasar PAUD terendah di Pulau Jawa yaitu sebesar 27,72 persen. Padahal, Provinsi Banten memiliki ketersediaan infrastruktur PAUD serta kondisi latar belakang ekonomi dan pendidikan masyarakat yang baik yang seharusnya mampu mendukung peningkatan partisipasi PAUD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum partisipasi PAUD di Provinsi Banten serta mengidentifikasi dan menganalisis kecenderungan variabel-variabel yang memengaruhi status partisipasi PAUD. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner menggunakan data Susenas Maret 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase partisipasi PAUD di Provinsi Banten adalah sebesar 15,02 persen. Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap status partisipasi PAUD di Provinsi Banten terdiri atas status kemiskinan rumah tangga, status bekerja ibu, klasifikasi wilayah tempat tinggal, status perkawinan ibu, dan jumlah ART. Anak usia dini yang berasal dari rumah tangga tidak miskin; memiliki ibu bekerja; bertempat tinggal di wilayah perkotaan; memiliki ibu dengan status perkawinan cerai; dan berasal dari rumah tangga dengan jumlah ART <= 4 orang dan 5-7 orang memiliki kecendrengungan yang lebih besar untuk berpartisipasi dalam PAUD.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-02

Cara Mengutip

Arneta Salsabila Hindriasta, & Budyanra. (2025). DETERMINAN STATUS PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PROVINSI BANTEN TAHUN 2023. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 9(1), 294–308. https://doi.org/10.32630/sukowati.v9i1.508