IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT PRAJABATAN

Penulis

  • Nur Endah Widyastuti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.344

Kata Kunci:

diklat prajabatan, gaya belajar, hasil belajar

Abstrak

Hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar peserta Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil. Objek penelitian adalah 26 peserta Diklat Prajabatan Golongan II Pengangkatan Khusus Non Honorer Kabupaten Sragen Tahun 2020. Metode yang digunakan merupakan campuran metode korelasional dengan analisis linear sederhana untuk menguji hipotesa dan menggunakan metode deskriptif dengan wawancara. Data diperoleh dari instrumen kuesioner, pedoman wawancara dan studi dokumen. Pengolahan data secara kuantitatif dengan uji regresi linier sederhana menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi 0,428 yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta diklat. Namun demikian dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap peserta dan widyaiswara  menggambarkan bahwa informasi tentang gaya belajar membantu peserta diklat dan widyaiswara dalam mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-09

Cara Mengutip

Widyastuti, N. E. (2022). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT PRAJABATAN . Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 6(1), 141–150. https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.344