IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT PRAJABATAN
DOI:
https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.344Kata Kunci:
diklat prajabatan, gaya belajar, hasil belajarAbstrak
Hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar peserta Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil. Objek penelitian adalah 26 peserta Diklat Prajabatan Golongan II Pengangkatan Khusus Non Honorer Kabupaten Sragen Tahun 2020. Metode yang digunakan merupakan campuran metode korelasional dengan analisis linear sederhana untuk menguji hipotesa dan menggunakan metode deskriptif dengan wawancara. Data diperoleh dari instrumen kuesioner, pedoman wawancara dan studi dokumen. Pengolahan data secara kuantitatif dengan uji regresi linier sederhana menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi 0,428 yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta diklat. Namun demikian dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap peserta dan widyaiswara menggambarkan bahwa informasi tentang gaya belajar membantu peserta diklat dan widyaiswara dalam mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nur Endah Widyastuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.