IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAPASITAS AKTOR PERGURUAN TINGGI DI KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.32630/sukowati.v6i1.330Kata Kunci:
kapasitas aktor, pemberdayaan masyarakat, pendidikan tinggiAbstrak
Implementasi pemberdayaan masyarakat masih belum sepenuhnya memberikan dampak yang berkelanjutan, dan dalam prakteknya masih menggunakan paradigma perguruan tinggi memberdayakan kepada masyarakat dan bukan perguruan tinggi bersama-sama masyarakat melakukan pemberdayaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana implementasi pemberdayaan masyarakat dan kapasitas aktor perguruan tinggi yang dianalisis berdasarkan tahapan-tahapan pemberdayaan masyarakat meliputi perencanaan, tujuan, strategi, ranah operasional dan evaluasi dampak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus di Universitas Serang Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta analisis data menggunakan pendekatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pemberdayaan masyarakat dan kapasitas aktor perguruan tinggi secara keseluruhan sudah berjalan secara efektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dampak berkelanjutan memerlukan konsistensi pemberdayaan masyarakat dan mendorong pendekatan inovasi model pemberdayaan masyarakat berkelanjutan, pemantauan dan penguatan berbasis partisipasi masyarakat serta menempatkan masyarakat selaku actor kunci dan pendekatan inovatif pemberdayaan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ahmad Sururi, Budi Hasanah, Mayu Ma’lumatiyah, Annisa Dwianti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.