KEBIJAKAN SEKTOR PENDIDIKAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENCEGAHAN PERSEBARAN COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i2.277Kata Kunci:
covid-19, implementasi kebijakan, kebijakan publikAbstrak
Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak sektor pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis implementasi kebijakan sektor pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 dan (2) menganalisis hambatan dalam pelaksanaan kebijakan sektor pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Analisis Isi (Content Analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah publikasi dari instansi Badan Pusat Statistik (BPS), Dokumen Publik Pemerintah Daerah Yogyakarta, Publikasi Ilmiah, media massa yang terkait dengan implementasi dan hambatan kebijakan sektor pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta selama Bulan Maret 2020 sampai dengan Mei 2021. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kebijakan sektor pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah diimplementasikan dengan baik, hal tersebut diketahui dari aspek komunikasi, pelaksana, kelompok sasaran, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi berjalan dengan baik.. (2) Hambatan dalam implementasi kebijakan sektor pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah: keterbatasan sarana pembelajaran, pemahaman teknologi yang terbatas, lemahnya sinyal internet di daerah dan keterbatasan pengetahuan terhadap pembelajaran online.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Farhah Millati Camalia, Tri Yuniningsih, Ida Hayu Dwimawanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.