PENGGUNAAN PERMAINAN PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT WHOLE OF GOVERNMENT BAGI PESERTA PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

Penulis

  • Zaniar Aswandi BPSDM Provinsi Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.32630/sukowati.v3i2.157

Kata Kunci:

pelatihan dasar CPNS, permainan puzzle, whole of government, quasi experiment

Abstrak

Penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan permainan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, yang akan berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini mencoba menjawab pertanyaan apakah ada perbedaan hasil belajar mata diklat Whole of Government antara kelas yang menggunakan permainan puzzle dengan yang tidak. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Ada dua populasi yang diteliti, yang berasal dari 2 angkatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest terhadap sampel yang dikelompokkan ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan melalui serangkaian tes, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis komparasi. Hasil dari uji hipotesis komparasi dengan menggunakan uji t untuk sampel independen menerima hipotesis nol yang berarti bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-11

Cara Mengutip

Aswandi, Z. (2020). PENGGUNAAN PERMAINAN PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT WHOLE OF GOVERNMENT BAGI PESERTA PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 3(2), 10. https://doi.org/10.32630/sukowati.v3i2.157